cool hit counter

PDM Kabupaten Malang - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Malang
.: Home > Artikel

Homepage

Manfaat atau Keuatamaan Sholat Berjama'ah

.: Home > Artikel > PDM
08 Mei 2012 14:10 WIB
Dibaca: 2361
Penulis : Drs. H. Mursidi, MM

Manfaat Sholat Berjamaah

Disampaikan dalam pengajian di PRM Sumbersekar – Cabang Dau – Kab. Malang.

=========================================================== 

Manfaat ke 1 : Mematuhi petrintah Allah

           

            Sesungguhnya dengan sholat berjamaah berarti kita telah mematuhi (salah satu ) perintah Allah yang dibebankan kepada hambanya. Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

Surat Albaqoroh ayat 43 :

43. dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'[44].

 

[44] Yang dimaksud Ialah: shalat berjama'ah dan dapat pula diartikan: tunduklah kepada perintah-perintah Allah bersama-sama orang-orang yang tunduk.

 

            Menjelaskan ayat diatas, Ibnu Katsir Rahimahullah dalam kitab tafsirnya berkata : Yakni hendaklah kalian bersama orang-2 beriman dalam berbagai perbuatan yang terbaik, dan yang paling utama dan sempurna dari semua itu adalah Sholat. Dan banyak para ulama yang menjadikan ayat ini sebagai dalil bagi diwajibkanya sholat berjamaah.

 

Manfaat ke 2 : Sebagai Saksi Keimanan

            Shalat berjamaah adalah sarana terpenting dan utama untuk memakmurkan rumah-rumah Allah. Jika bukan karena sholat berjamaah tentu masjid menjadi sepi.

            Allah ta’ala bersaksi bahwa memakmurkan masjid adalah dengan iman dan bahwasanya mereka adalah orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah pada kebenaran ( Al-haq )  dan sungguh mereka adalah orang-2 beruntung.

            Allah berfirman dalam surat At- Taubah ayat 18 :

18. hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan Termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.

 

Manfaat ke 3 : Mendapatkan Tazkiyah ( Pernyataan kesucian ) dan Anugerah Besar dari Allah.

                        Sholat berjamaah adalah diantara sebab-2 dzikrullah ( mengingat Allah ) dan bertasbih ( memuji ) kepada  Nya di masjid-2. Allah memuji mereka yang melakukan hal itu skaligus menjuluki mereka sebagai RIJAL ( orang-2 yang  gentleman ).

                        Mereka adalah orang-2 yang tidak lalai karena bisnis dan perdagangan mereka dari mengingat Allah, mendirikan sholat dan menunaikan zakat. Allah juga bersaksi terhadap keimanan dan rasa takut mereka kepada Nya.

                        Selanjutnya Allah menjelaskan bahwa mereka adalah orang-2 yang diterima kebaikannya, diampuni segala kesalahan dan dosa mereka, disamping anugerah-2 lain yang diberikan Allah kepada mereka selain pahala.

 

                        Allah berfiman dalam surat An- Nur surat ayat 36 -38.

 

36. Bertasbih[1041] kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang,

37. laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jual beli dari mengingati Allah, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.

38. (Meraka mengerjakan yang demikian itu) supaya Allah memberikan Balasan kepada mereka (dengan balasan) yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan, dan supaya Allah menambah karunia-Nya kepada mereka. dan Allah memberi rezki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa batas.

 

[1041] Yang bertasbih ialah laki-laki yang tersebut pada ayat 37 berikut.

 

Manfaat ke 4 : Mengagungkan dan menekankan Apa yang diagungkan dan ditekankan oleh Rosulullah.

           

            Sholat berjamaah memiliki arti yang besar dan urgen sekali. Perintah melakukannya tidak saja dalam situasi-2 biasa, tetapi Allah memerintahkan bahkan menekankan shalat berjamaah sampai dalam situasi Khauf  ( tak aman, menakutkan ).

 

            Allah berfirman dalam surat An-Nisa’ ayat 102 : 

102. dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, Maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat)[344], Maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu[345]], dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu[346].

 

[344] Menurut jumhur mufassirin bila telah selesai serakaat, Maka diselesaikan satu rakaat lagi sendiri, dan Nabi duduk menunggu golongan yang kedua.

[345] Yaitu rakaat yang pertama, sedang rakaat yang kedua mereka selesaikan sendiri pula dan mereka mengakhiri sembahyang mereka bersama-sama Nabi.

[346] Cara sembahyang khauf seperti tersebut pada ayat 102 ini dilakukan dalam Keadaan yang masih mungkin mengerjakannya, bila Keadaan tidak memungkinkan untuk mengerjakannya, Maka sembahyang itu dikerjakan sedapat-dapatnya, walaupun dengan mengucapkan tasbih saja.

 

Manfaat ke 5 : Mematuhi Perintah Rasulullah

            Dengan sholat berjamaah berarti mematuhi perintah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa sallam dan mengikuti sunnah beliau, baik qauliyah ( ucapan ) maupun fi’liyah ( perbuatan ). Rasulullah memerintahkan kita melakukan dan bersegera shalat berjamaah. Beliau bersabda :

 

  1. Siapa yang mendengar adzan lalu tidak mendatanginya ( untuk sholat berjamaah ) maka tidak ada shalat baginya kecuali ia mempunyai udzur.
  2. Jika mereka bertiga maka hendaklah salah seorang dari mereka menjadi imam. Dana yang baling berhak menjadi imam adalah yang paling pandai membaca Al-Qur’an.

 

 

Manfaat ke 6 : Selamat karena mengikuti Rasul Shallallahu ‘alaihi Wasllam.

Mengikuti Rasul dalam ibadah yang agung ini, yakni shalat berjamaah – juga dalam ibadah-2 yang lain – adalah diantara sebab-2 turunya hidayah   (petunjuk), kecintaan Allah, ampunan Nya atas dosa-2 kita serta diantara sebab-2 keselematan kita dari Neraka dan masuk surga.

Allah berfirman dalam potongan  Surat An - Nur ayat 54 :

 

Dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk.

               

Firman Allah di surat Ali Imran ayat 31

31. Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah Aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu." Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

 

Rasulullah juga bersabda :

                “ Segenap umatku akan masuk surga kecuali orang-2 yang tidak mau. Siapa yang mentaati pasti masuk Surga dan siapa yang mendurhakaiku maka dia tidak mau ( masuk surga ). HR Al Bukhari.

  

Manfaat ke 7 : Shalat Berjamaah termasuk Sasaran Islam yang Agung

 

Berjamaah dalam maknanya yang umum termasuk sasaran Islam yang Agung. Banyak nash-2 yang menyeru ditegakan dan dijaganya jama’ah ( persatuan ), sebaliknya melarang perpecahan dan menjauhi jama’ah umat Islam.

 

Nabi Bersabda :

  1. Tangan Allah besama jama’ah (umat Islam ) àHR  Turmudzi.
  2. Berjamaah ( bersatu ) adalah Rahmad dan perpecahan adalah Adzab.

  

Manfaat ke 8 : Mengagungkan dan Menampakkan Syi’ar Allah.

 

            Dengan sholat berjamaah berarti menampakkan dan mengagungkan salah satu diantara Syi’ar Islam, bahkan termasuk syi’ar yang paling agung, yakni Sholat.

Allah berfirman dalam surat Al-Haj ayat  32 :

 

32. Demikianlah (perintah Allah). dan Barangsiapa mengagungkan syi'ar-syi'ar Allah[990], Maka Sesungguhnya itu timbul dari Ketakwaan hati.

 

[990] Syi'ar Allah Ialah: segala amalan yang dilakukan dalam rangka ibadat haji dan tempat-tempat mengerjakannya.

 

Manfaat ke 9 : Lebih utama dari Sholat Sendirian

 

Sholat berjamaah lebih utama 27 derajat daripada shalat sendirian.  Riwayat lain menyebutkan bahwa ia lebih utama 25 derajat.

 

Rasul bersabda : Shalat berjamaah itu lebih utama 25 derajat dari pada sholat sendirian. (HR Al-Bukhari). Dalam riwayat lain disebutkan “ Lebih Utama ) 27 derajat.

 

Manfaat ke 10 : Lebih suci di Sisi Allah daripada shalat sendiri-2.

           

            Sesungguhnya sholat berjamaah itu, meskipun dengan jumlah yang sedikit, ia lebih suci di Sisi Allah daripada sholat sendiri-2  meskipun jumlah orangnya lebih banyak.

 

Rosul bersabda : Shalat dua orang laki-2 dengan salah seorang daripadanya menjadi Imam adalah lebih suci di sisi Allah daripada sholat empat orang secara sendiri-2, Shalat empat orang dengan salah seorang dari mereka menjadi Imam adalah lebih suci disisi Allah daripada shalat delapan   orang secara sendiri-2. Dan shalat delapan orang dengan salah seorang dari mereka menjadi Imam adalah lebih suci disisi Allah dari pada sholat 100 orang secara sendiri-2.

 

Manfaat ke 11 : Menjaga Diri dari Setan.

            Sholat berjamaah dengan izin Allah – menjaga seorang muslim dari musuh bebuyutannya yang tidak pernah diam dan putus asa, juga menghindarkannya dari penguasaan setan.

            Rosul bersabda : Tidaklah orang berada disuatu desa atau dusun dan mereka tidak mendirikan sholat ( berjamaah ) kecuali mereka telah dikuasai oleh setan. Karena itu, hendaklah kalian senantiasa berjamaah. Sungguh serigala itu hanya makan (hewan piaraan) yang jauh ( dari gerombolan kawan-kawannya ).

 

Manfaat ke 12 : Jauh dari menyerupai Orang-2 Munafiq.

            Melakukan shalat berjamaah secara rutin bisa menjauhkan seorang muslim dari menyerupai orang-2 munafiq yang oleh Allah diancam bakal menempati Neraka yang paling bawah, NA’UDZUBILLAH.

 

            Diantara sifat orang-2 munafiq yang paling nyata yaitu meninggalkan sholat berjamaah, terutama sholat Isyak dan Shubuh.

 

            Rosul bersabda : “ TAK ADA YANG LEBIH BERAT MENURUT ORANG-2 MUNAFIQ MELEBIHI (BERATNYA) SHALAT SUBUH DAN ISYAK. DAN SEANDAINYA MEREKA MENGETAHUI PAHALA PADA KEDUANYA, NISCAYA MEREKA AKAN DATANG (BERJAMAAH) MESKIPUN DENGAN MERANGKAK.

 

 

 

Manfaat ke 13 : Berkumpulnya para malaikat pada waktu Sholat Shubuh dan Ashar serta  Permohonan Ampun mereka bagi yang hadir.

 

Paramalaikat yang mulia berkumpul ( untuk menyaksikan ) jamaah sholat shubuh dan Ashar dan mereka juga memohonkan ampun bagi setiap yang datang ( waktu itu ) ke Masjid untuk sholat berjamaah.

Rosul bersabda : “ Para malaikat malam dan malaikat siang bergantian menyertai kalian dan mereka berkumpul pada saat ( diselenggarakan jama’ah ) shalat shubuh dan shalat Ashar. Lalu malaikat yang (sudah) menyertai kalian naik (ke langit ), dan mereka ditanya oleh Tuhan mereka, padahal Dia lebih mengetahui daripada mereka, bagaimana keadaan hamba-2 Ku yang kalian tinggalkan ? Mereka menjawab : kami meninggalkankan mereka sedang dalam keadaan sholat (juga ).

Dalam riwayat lain menurut Khuzaimah : “ Mereka menjawab : kami datang sedang mereka dalam keadaan sholat dan kami tinggalkan mereka dalam keadaan sholat (pula), maka ampunilah mereka pada hari pembalasan.”

 

Manfaat ke 14 : Menyamai shalat separuh Malang atau sepanjang Malang

Sholat isyak secara berjamaah menyamai shalat separuh malam sedang shalat Shubuh secara berjamaah menyamai sholat sepanjang malam

Rosul bersabda : “ Siapa yang sholat isyak secara berjamaah, maka seakan-akan ia sholat separuh malam. Dan siapa yang shalat shubuh berjamaah, maka seakan-akan ia shalat sepanjang malam ( HR Muslim ).

 

Manfaat ke 15 : Berada dalam jaminan Allah.

            Sholat berjamaah adalah diantara sebab penjagaan Allah terhadap hamba Nya, bahkan ia menjadikan hamba tersebut dalam jaminan, amanat dan tanggungan-Nya. Dan itu diperoleh dengan melakukan sholat shubuh secara berjamaah.

            Rosul bersabda : “Siapa yang sholat shubuh secara berjamaah maka ia berada dalam jaminan Allah.”

 

Manfaat ke 16 : Mendapatkan Rumah di Surga

            Sholat berjamaah menjadikan seorang muslim memperhatikan masalah lurusnya shaf-shaf. Dan itulah yang memang dianjurkan oleh Nabi SAW. Karena itu, mereka akan shalat dalam satu shaf ( yang lurus ) atau mengisi tempat yang kososng ( dalam shof ). Dan yang demikian itu mendatangkan keutamaan yang agung dan pahala yang besar dari Allah SWT.

            Aisyah Ra, meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda :

1. “ Sesungguhnya Allah dan para malaikat Nya bershalawat atas orang-2 yang  menghubungkan Shaf “

 

2. Siapa yang mengisi tempat kosong ( dalam shof ), niscaya denganya Allah mengangkat ( untuknya ) satu derajat dan membangunkan baginya rumah di Surga”.

 

 

 

Manfaat ke 17 : Sempurnanya Sholat;

 

            Sholat berjamaah adalah salah satu sebab bagi kesempurnaan dan kelengkapan sholat, juga pada galipnya menyelematkan dan mengamankan diri dari lupa. Selanjutnya, ia berdampak pada semakin tingginya derajat ( potensi ) diterimanya shalat tersebut dengan izin Allah SWT.

            Rosul bersabada “ Imam adalah yang bertanggung-jawab, mu’adzin adalah yang dipercaya. Ya Allah, berilah petunjuk kepada para Imam dan ampunilah para Mu’adzin.

 

            Para ulama berkata : Imam adalah yang bertanggung jawab maksudnya dialah yang menanggung kesempurnaan shalat para makmum.

                        Ini tentu berbeda dengan orang yang sholat sendirian, Jika terjadi kesalahan, lupa atau kekurangan, tak seorangpun yang menanggung atasnya.

 


Tags: kajian
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori : Kajian Aqidah

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website