cool hit counter

PDM Kabupaten Malang - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Malang
.: Home > Berita > Tim Pengabdian Masyarakat FISIP UMM Ajak Santri Panti Menulis

Homepage

Tim Pengabdian Masyarakat FISIP UMM Ajak Santri Panti Menulis

Sabtu, 11-08-2018
Dibaca: 103

Minggu, 29 juli 2018 Tim Pengabdian  Masyarakat Internal (PPMI) FISIP UMM mengadakan kegiatan pelatihan kepenulisan. Kegiatan ini diadakan di kampus Universitas Muhammadiyah Malang. Tepatnya di Laboratorium Ilmu Kesejahteraan Sosial di area Masjid  A.R Fachrudin lantai 1. Kegiatan ini mampu menginspirasi peserta untuk semangat menulis. Terbukti dari antusiasme peserta yang tekun menyimak paparan materi dari awal hingga pelatihan selesai. Bukan hanya menulis di buku diary, namun pelatihan ini dikhususkan untuk penulisan di blog Majelis Pelayanan Sosial(MPS).

                Tidak perlu bertele-tele dalam  belajar kepenulisan ini. Cukup dua jam mengikuti pelatihan, para peserta bisa langsung mempraktekkan ilmunya. Para pemateri  banyak memberikan ilmu terkait kepenulisan dan institutional branding. “Saya berharap pelatihan ini bisa membangkitkan semangat untuk kembali menghidupkan website MPS,” ujar Fauzik Lendriyono, ketua tim pelaksana pengabdian masyarakat FISIP UMM.

                Peserta dibimbing langsung untuk membuat berita , oleh Winda Hardyanti sebagai pemateri  kepenulisan berita. Ia memandu langsung peserta untuk belajar menulis mulai dari nol. Mulai dari mendeteksi 5W 1H hingga bagaimana mengedit tulisan. Ada beberapa prinsip menulis yang ia sampaikan. Ada prinsip membuat judul berita yang harus “tukatati” (tujuh kata tanpa titik), prinsip tulisan “ear catching” hingga prinsip menulis kalimat pendek. Peserta pun diberi kesempatan untuk langsung mempraktekkannya.

Kegiatan pelatihan ini diikuti tak hanya oleh santri panti namun juga pengurus MPS. Pelatihan digelar dalam dua kali pertemuan. Pertemuan pertama terkait pelatihan menulis diadakan pada 29 Juli 2018 dan pertemuan lanjutan digelar pada 11 Agustus 2018. Pada pelatihan kedua para peserta mempraktekkan langsung cara mengedit tulisan dan cara mengupload berita di website. Pada pelatihan ini, MPS juga mendapat hibah laptop dari Tim PPMI FISIP UMM. (Ns_N)

 

Ditulis oleh : Nurisatun Nisa' (LKSA Aisyiyah Dau Malang)

 


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website