PDM Kabupaten Malang - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Malang
.: Home > Pelayanan Kesehatan Umum

Homepage

Pelayanan Kesehatan Umum

 

 

MAJELIS PELAYANAN KESEHATAN UMUM

 

Ketua

Agus Salim Budianto

 

 

Jl.Pandean 4 Ngebruk Sumberpucung

0341 385579

08113 64627

Wakil Ketua

dr. Sri Sunarti, Sp.PD

081555 725717

Sekretaris

Yoyok Bekti Prasetyo, S.Kp, M.Kep, Sp.Kom

 

 

Dsn Damean 2/3 Tamanharjo Singosari

081252 08825

Bendahara

Khusnul Amin, S.PdI

 

 

Jl.Ahmadyani Kepanjen

0856496 47044

Anggota

dr Meddy Setyawan, Sp.PD

Taman Embong Anyar II

0811 364114

 

dr M .Lutfi Almanfaluthi

 

 

Permata Hijau A17 Malang

0818038 91002


RENCANA STRATEGIS MAJELIS PELAYANAN KESEHATAN UMUM

TAHUN 2011-2015

PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN MALANG

Jl. Raya Sengkaling No. 146 Mulyoagung – Dau – Kabupaten Malang Telp. 0341–462718

 

TUJUAN

SASARAN

PROGRAM

Sub Program

KEGIATAN

JADWAL

2011

2012

2013

2014

2015

1.   Meningkatnya sistem peyelenggaraan/pengelolaan amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS) yang unggul dan berbasis PKU( Penolong Kesengsaraan Umum) / Al-ma'un

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.   Optimalnya jaringan amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat  melalui kerjasama internal dan eksternal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.      Meningkatnya Kua litas  sumberdaya amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.      Terstandarnya mutu  pelayanan pada AUMKESMAS de ngan konsep pelayanan mak  simal dan terjang kau

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Berpartisipasi aktif dalam pena nggulangan masa lah kesehatan masyarakat agar dicapai kesadaran hidup sehat dan bersih

1.Tercapainya manajemen terpadu tatakelola pengawasan standar pelayanan dan mutu , dan pengelolaan IPO (Input-Proses-Ouput) yang berkualitas utama sehingga mampu bersaing dan menjangkau masyarakat luas

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Tercapainya kerja sama antar klinik dan pelayanan kesehatan dalam bentuk jejaring dgn konsep satelit klinik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.Tercapainya SDM yg unggul dibidang pelaya nan kesehatan pada AUMKESMAS.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.Seluruh pelaya nan pada AUM KES MAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.      Masyarakat umum khusus nya warga Muhammadiyah dan generasi mudanya

1)      Sistem peyeleng garaan/ pengelolaan amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS) yang unggul dan berbasis PKU( Penolong Kesengsaraan Umum) / Al-ma'un dengan manajemen terpadu tatakelola pengawasan standar pelayanan dan mutu , dan pengelolaan IPO (Input-Proses-Ouput) yang berkualitas utama sehingga mampu bersaing dan menjangkau masyarakat luas.

 

2)   Mengoptimalkan jaringan amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat  melalui kerjasama internal dan eksternal, teknologi informasi pengembangan koperasi, konsep satelit klinik dan bentuk-bentuk jejaring lainnva yang membawa pada keungulan secara kolektif.

3)   Meningkatkan Kualitas  sumberdaya amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS) melalui  Peningkatan kapasitas  tenaga AUMKESMAS, pendidikan, promosi, daya dukung fasilitas dan berbagai skill yang  mengembangkan keunggulan.

4)   Mengoptimalkan standar pelayanan kesehatan melalui standardisasi pelayanan AUMKESMAS, pengembangan rumah sakit dengan layanan yang terjangkau oleh masyarakatunggulan, dan terjangkau optimalisasi pelavanan AUMKESMAS terhadap permasalahan kesehatan kasyarakat dan penanggulangan bencana, dan peningkatan AUMKESMAS sebagai Satelit Klinik Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah di setiap kecamatan (cabang Muhammadiyah).

5)   Mengoptimalkan penanggulangan  masalah kesehatan masyarakat (Flu Burung, Flu Babi, TBC, HIV/AIDS, dan sebagainya) , kampanye kesadaran hidup sehat dan bersih, kampanye dan penyuluhan  kesehatan reproduksi, serta kampanye dan penyuluhan antinarkoba.

1.Peningkatan kwantitas dan kwalitas manajemen dan  SDM pada AUMKESMAS

1.    Mendorong penambahan tenaga perawat di BP/KIA yang belum berjalan

xxx

xxx

xxx

xxx

 

2.     Membantu mencarikan  tenaga dokter sebagai konsultan dan penanggung jawab BP/KIA baru

 

xxx

xxx

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Terbentuknya  jejaring intra AUMKESMAS

 

 

 

 

 

 

 

 

3.Peningkatan kualitas SDM pada AUMKESMAS yg sudah berjalan.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.Program Pelay anan Kese hatan ramah, murah dan islami

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Pelayanan kesehatan preventif

 

 

b.   Mapping Kesehatan Masyarakat

3.Mengadakan Pelatihan Manajemen pada AUMKES meliputi :

-     Penyusunan Renstra

-     Penyusunan RBA

-     Pembuatan Pola Tarif

 

 

 

 

 

 

 

1.      Mengadakan pelatihan tenaga perawat dan non perawat untuk mengikuti pelatihan/diklat teknik:

-        Perawatan gerontology

-        Basic Life Servis

-        Pengembangan Keperawatan

2.      Mengadakan pelatihan tenaga sukarelawan kepada anggota HW, PM,IPM

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Mendorong terbentuknya AUMKESMAS baru berupa BP/KIA dan Pengobatan Alternatif

2.      Mendorong terakreditasinya pelayanan kesehatan yg sudah berjalan

3.      Mendorong kerja sama AUMKES dengan Asuransi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.      Penyuluhan Kesehatan kepada kelompok masyarakat dan pemuda tentang Flu Burung, Flu Babi, TBC, HIV/AIDS, dan sebagainya

 

1.   Penyusunan data dasar dan profil kesehatan masyarakat daerah Kab Malang

 

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

 

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

 

 

xxx

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

xxx

 

 

 

 

xxx

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 






Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website