Pelayanan Kesehatan Umum
MAJELIS PELAYANAN KESEHATAN UMUM
|
||
Ketua |
Agus Salim Budianto |
|
|
Jl.Pandean 4 Ngebruk Sumberpucung |
0341 385579 08113 64627 |
Wakil Ketua |
dr. Sri Sunarti, Sp.PD |
081555 725717 |
Sekretaris |
Yoyok Bekti Prasetyo, S.Kp, M.Kep, Sp.Kom |
|
|
Dsn Damean 2/3 Tamanharjo Singosari |
081252 08825 |
Bendahara |
Khusnul Amin, S.PdI |
|
|
Jl.Ahmadyani Kepanjen |
0856496 47044 |
Anggota |
dr Meddy Setyawan, Sp.PD Taman Embong Anyar II |
0811 364114 |
|
dr M .Lutfi Almanfaluthi |
|
|
Permata Hijau A17 Malang |
0818038 91002 |
RENCANA STRATEGIS MAJELIS PELAYANAN KESEHATAN UMUM
TAHUN 2011-2015
PIMPINAN DAERAH MUHAMMADIYAH KABUPATEN MALANG
Jl. Raya Sengkaling No. 146 Mulyoagung – Dau – Kabupaten Malang Telp. 0341–462718
TUJUAN |
SASARAN |
PROGRAM |
Sub Program |
KEGIATAN |
JADWAL |
||||
2011 |
2012 |
2013 |
2014 |
2015 |
|||||
1. Meningkatnya sistem peyelenggaraan/pengelolaan amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS) yang unggul dan berbasis PKU( Penolong Kesengsaraan Umum) / Al-ma'un
2. Optimalnya jaringan amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui kerjasama internal dan eksternal
3. Meningkatnya Kua litas sumberdaya amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS)
4. Terstandarnya mutu pelayanan pada AUMKESMAS de ngan konsep pelayanan mak simal dan terjang kau
5. Berpartisipasi aktif dalam pena nggulangan masa lah kesehatan masyarakat agar dicapai kesadaran hidup sehat dan bersih |
1.Tercapainya manajemen terpadu tatakelola pengawasan standar pelayanan dan mutu , dan pengelolaan IPO (Input-Proses-Ouput) yang berkualitas utama sehingga mampu bersaing dan menjangkau masyarakat luas
2.Tercapainya kerja sama antar klinik dan pelayanan kesehatan dalam bentuk jejaring dgn konsep satelit klinik
3.Tercapainya SDM yg unggul dibidang pelaya nan kesehatan pada AUMKESMAS.
4.Seluruh pelaya nan pada AUM KES MAS
5. Masyarakat umum khusus nya warga Muhammadiyah dan generasi mudanya |
1) Sistem peyeleng garaan/ pengelolaan amal usaha Muhammadiyah bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS) yang unggul dan berbasis PKU( Penolong Kesengsaraan Umum) / Al-ma'un dengan manajemen terpadu tatakelola pengawasan standar pelayanan dan mutu , dan pengelolaan IPO (Input-Proses-Ouput) yang berkualitas utama sehingga mampu bersaing dan menjangkau masyarakat luas.
2) Mengoptimalkan jaringan amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat melalui kerjasama internal dan eksternal, teknologi informasi pengembangan koperasi, konsep satelit klinik dan bentuk-bentuk jejaring lainnva yang membawa pada keungulan secara kolektif. 3) Meningkatkan Kualitas sumberdaya amal usaha bidang kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (AUMKESMAS) melalui Peningkatan kapasitas tenaga AUMKESMAS, pendidikan, promosi, daya dukung fasilitas dan berbagai skill yang mengembangkan keunggulan. 4) Mengoptimalkan standar pelayanan kesehatan melalui standardisasi pelayanan AUMKESMAS, pengembangan rumah sakit dengan layanan yang terjangkau oleh masyarakatunggulan, dan terjangkau optimalisasi pelavanan AUMKESMAS terhadap permasalahan kesehatan kasyarakat dan penanggulangan bencana, dan peningkatan AUMKESMAS sebagai Satelit Klinik Rumah Sakit Muhammadiyah dan Aisyiyah di setiap kecamatan (cabang Muhammadiyah). 5) Mengoptimalkan penanggulangan masalah kesehatan masyarakat (Flu Burung, Flu Babi, TBC, HIV/AIDS, dan sebagainya) , kampanye kesadaran hidup sehat dan bersih, kampanye dan penyuluhan kesehatan reproduksi, serta kampanye dan penyuluhan antinarkoba. |
1.Peningkatan kwantitas dan kwalitas manajemen dan SDM pada AUMKESMAS |
1. Mendorong penambahan tenaga perawat di BP/KIA yang belum berjalan |
xxx |
xxx |
xxx |
xxx |
|
2. Membantu mencarikan tenaga dokter sebagai konsultan dan penanggung jawab BP/KIA baru
|
xxx |
xxx |
xxx |
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
||||
2.Terbentuknya jejaring intra AUMKESMAS
3.Peningkatan kualitas SDM pada AUMKESMAS yg sudah berjalan.
4.Program Pelay anan Kese hatan ramah, murah dan islami
a. Pelayanan kesehatan preventif
b. Mapping Kesehatan Masyarakat |
3.Mengadakan Pelatihan Manajemen pada AUMKES meliputi : - Penyusunan Renstra - Penyusunan RBA - Pembuatan Pola Tarif
1. Mengadakan pelatihan tenaga perawat dan non perawat untuk mengikuti pelatihan/diklat teknik: - Perawatan gerontology - Basic Life Servis - Pengembangan Keperawatan 2. Mengadakan pelatihan tenaga sukarelawan kepada anggota HW, PM,IPM
1. Mendorong terbentuknya AUMKESMAS baru berupa BP/KIA dan Pengobatan Alternatif 2. Mendorong terakreditasinya pelayanan kesehatan yg sudah berjalan 3. Mendorong kerja sama AUMKES dengan Asuransi
1. Penyuluhan Kesehatan kepada kelompok masyarakat dan pemuda tentang Flu Burung, Flu Babi, TBC, HIV/AIDS, dan sebagainya
1. Penyusunan data dasar dan profil kesehatan masyarakat daerah Kab Malang
|
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
|
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
|
xxx
xxx xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
|
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx |
xxx
xxx xxx
xxx
xxx
xxx
xxx
xxx |
|||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|
|