cool hit counter

PDM Kabupaten Malang - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Malang
.: Home > Program Kerja

Homepage

Program Kerja

PRIORITAS PROGRAM

1.       Pengembangan kuantitas cabang dan ranting sehingga mencapai jumlah 80% cabang dari jumlah kecamatan di Kabupaten Malang, 40% Ranting  dari jumlah desa/kelurahan, meningkatkan kualitas kinerja pimpinan di semua tingkatan (Daerah, Cabang dan Ranting) dengan penguatan manajemen dan sarana prasarana perkantoran yang representatif sehingga Muhammadiyah, menjadi organisasi dakwah yang makin berdaya.

2.       Pengembangan kuantitas kader, dan kualitas kaderisasi meliputi ideologi serta pengembangan pemikiran dan nilai-nilai keagamaan di kalangan pimpinan dan anggota sebagai penggerak Persyarikatan agar Muhammadiyah semakin berfungsi sebagai gerakan pencerahan bagi masyarakat.

3.       Pengembangan dan peningkatan amal usaha dan praksis sosial yang unggul dengan memperluas program ekonomi dan pemberdayaan masyarakat sebagai basis kekuatan kemandirian.

4.       Peningkatan peran serta Muhammadiyah sebagai penggerak dinamika sosial dalam penguatan masyarakat termasuk advokasi terhadap kebijakan layanan publik, yang menyangkut hajat hidup rakyat banyak sehingga terwujud kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

 

 

 

F. PROGRAM UMUM PERSYARIKATAN

1. Konsolidasi dan Pengembangan Kelembagaan

a. Visi Pengembangan

Teraktualisasikannya prinsip-prinsip, idealisme, dan konsep-konsep dasar gerakan serta berkembangnya kualitas institusi organisasi yang menunjukkan keunggulan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang maju/modern serta berperan aktif-strategis dalam dinamika kehidupan umat, bangsa, dan perkembangan global.

b. Program Pengembangan

1)          Mengintensifkan dan memasyarakatkan Manhaj Gerakan Muhammadiyah (Muqaddimah, Kepribadian, Khittah, Matan keyakinan dan Cita-Cita Hidup, Pedoman Hidup Islami) sebagai sumber inspirasi, acuan, dan tuntunan dalam seluruh lingkungan organisasi dan anggota Persyarikatan.

2)          Mengembangkan Ideopolitor (ideologi, politik, dan organisasi), up-grading, refreshing, dan pengajian-Pengajian atau kajian-kajian pimpinan yang diselenggarakan di semua lini organisasi untuk meningkatkan komitmen, wawasan, dan aksi gerakan Muhammadiyah dalammenghadapi berbagai tantangan yang kompleks.

3)          Meningkatkan dan mengembangkan model-model pembinaan jama'ah dan peran Muhammadiyah di akar-rumput

4)          Meningkatkan kapasitas organisasi dan kepemimpinan yang lebih efektif sehingga organisasi dan kepemimpinan tidak bertumpu pada figur tetapi lebih berbasis sistem.

5)          Memperkuat organisasi Muhammadiyah sebagai basis gerakan kultural yang menjangkau segenap lapisan masyarakat dengan komitmen keumatan/kemasyarakatan yang kuat dan konsisten.

6)          Mengintensifkan pembinaan Cabang dan Ranting yang lebih tersistem disertai pemetaan yang akurat serta mengembangkan Cabang dan Ranting Muhammadiyah sebagai prioritas penting sehingga dalam masa kerja 2010- 2015 minimal tercapai 40% desa telah berdiri Ranting Muhammadiyah dan 80% kecamatan telah berdiri Cabang Muhammadiyah.

7)          Mengefektifkan manajemen masjid dan mushalla yang dikelola Muhammadiyah sebagai basis gerakan persyarikatan di akar-rumput.

8)          Meningkatkan, mengembangkan, dan menerapkan pengawasan dan pembinaan keuangan termasuk pelaporan yang terstandar dan reguler di seluruh tingkatan pimpinan persyarikatan, amal usaha, dan institusi-institusi Muhammadiyah dengan regulasi yang tersistem.

9)          Meningkatkan koordinasi, komunikasi, dan kunjungan ke Cabang dan Ranting; dan perlu menjadi prioritas kepada tingkat pimpinan persyarikatan yang sangat memerlukan pembinaan.

10)      Menumbuhkembangkan Cabang dan Ranting di semua kecamatan dan desa/kelurahan, serta mendirikan ranting di beberapa amal usaha yang dipandang perlu dan memungkinkan.

11)      Mengembangkan komunikasi dengan memanfaatkan teknologi informasi di seluruh daerah.

12)      Pengamanan aset Persyarikatan (masjid, mushalla, panti asuhan dan amal usaha) secara legal dan melarang kegiatan partai politik serta kegiatan lain yang bertentangan dengan kaidah Persyarikatan di aset-aset Muhamadiyah.

13)      Konsolidasi dan komunikasi terstruktur dengan semua ortom, majelis dan lembaga tingkat daerah serta turba ke cabang-cabang minimal dua kali dalam satu periode.

14)      Kajian tentang masalah-masalah internal maupun eksternal yang dihadapi oleh Persyarikatan.

 

2. Pemberdayaan Anggota dan Keluarga

a. Visi Pengembangan

Berkembangnya kuantitas, kualitas, kapasitas anggota dan kader Muhammadiyah serta kualitas keluarga yang berbasis kehidupan keluarga sakinah dalam kehidupan masyarakat sebagai wujud keberhasilan dakwah Muhammadiyah.

b. Program Pengembangan

1)       Mengembangkan model-model pengembangan jumlah anggota secara proaktif sebagai bagian penting dari strategi gerakan yang bersifat ekspansif untuk mewujudkan tujuan Muhammadiyah.

2)       Meningkatkan model-model pengembangan kualitas anggota yang terintegrasi dengan pembinaan keluarga sakinah, pendidikan, kesehatan, dan amal usaha Muhammadiyah.

3)       Meningkatkan perhatian dan usaha secara serius yang berkaitan kesejahteraan dan masa depan kader sebagai bagian penting dari transformasi peran kader dalam lingkup persyarikatan, kader umat, dan kader bangsa.

4)       Menggalang potensi kader Muhammadiyah yang tersebar di berbagai lembaga pemerintahan (eksekutif, legislatif, yudikatif dan institusi-institusi negara lainnya) dan lembaga-lembaga profesi serta institusi-institusi strategis lainnya untuk pengembangan visi dan misi Persyarikatan.

5)       Meningkatkan usaha-usaha pembinaan keluarga sakinah disertai penyebarluasan tuntunan-tuntunan praktis di lingkungan keluarga-keluarga Muhammadiyah maupun masyarakat sebagaimana  dituntunkan oleh Tarjih dan pengembangan model keluarga sakinah yang disusun Aisyiyah sebagai bentuk keteladanan yang baik (uswah hasanah) dari model kehidupan keluarga dalam masyarakat.

 

 3. Pengembangan Kemitraan

a. Visi Pengembangan

Berkembangnya kualitas dan intensitas hubungan organisasi yang menunjukkan peran strategis dan keterlibatan proaktif Muhammadiyah sebagai gerakan Islam yang maju/modern dalam dinamika kehidupan umat, bangsa, dan perkembangan global.

b. Program Pengembangan

1)       Membangun kekuatan Muhammadiyah agar berperan sebagai pengayom bagi umat dan bangsa dalam rangka mengemban misi kerahmatan.

2)       Meningkatkan komunikasi  jaringan, dan kerjasama dengan organisasi-organisasi Islam, organisasi kemasyarakatan, dan kekuatan-kekuatan strategis tingkat Kabupaten Malang dalam ikhtiar membangun tatanan kehidupan yang damai, maju, adil, makmur, bermartabat, dan berperadaban utama.

3)       Membentuk dan mengembangkan simpui-simpul aksi kepedulian terhadap berbagai persoalan umat menuju ke arah kesejahteraan bersama.


Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website